power sharing

INFO

Wednesday, August 13, 2014

TOKSOPLASMA BISA DISEMBUHKAN

Apa itu TORCH ???

Ini pengalaman pribadi saya, mudah-mudahan dapat membantu teman teman yang membutuhkan.

Istri saya di diagnosa terkena toksoplasma ketika hamil 4 bulan, Kami mengetahuinya karena kami berinisiatif meminta dokter untuk cek toksoplasma agar kami yakin bayi kami sehat atau tidak. Kami tidak mengetahui sejak awal kehamilan karena dokter kandungan kami tidak merekomendasikan untuk cek lab toksoplasma saat cek lab prenatal baru karena ketika konsultasi istri saya bilang memang pernah punya pelihara kucing tapi 10 tahun yang lalu.




Setelah menunggu seminggu akhirnya hasil lab keluar, kami berdua sangat awam tentang toksoplasma tapi sedikit mengerti setelah membaca artikel kesehatan di website dan Forum tokso. Pengetahuan kami sebatas besaran hasil normal yaitu “Ig G positif dan Ig M negative” selain itu kami tidak tahu banyak. Karena penasaran ketika menunggu antrian untuk konsultasi dokter akhirnya kami membuka hasil lab, hasil lab menunjukan IgG positif dan IgM positif, dengan besaran IgG positif > 1000 dan IgM > 500, hasil menunjukan infeksi diatas normal. Kami berdua kaget dan Istri saya sempat menangis melihat hasil itu. Ketika hasil di lihat dokter kami, dokter pun sempat terdiam dan berkata “nanti kita obati dan mudah-mudahan tidak apa-apa bayinya”. Dan akhirnya kami mengulang cek lab untuk memastikan, hasilnya pun sama. Dokter menyarankan terapi obat yg di minum sampai waktu kelahiran, ada 2 obat Spiramisin dan Sulfadiazine.

Setelah mencari-cari info tentang toksoplasma dan info langsung dari teman kantor akhir kami di rekomendasikan untuk konsultasi ke dokter fetomaternal (dokter ahli kelainan janin dan deteksi resiko kehamilan tinggi) untuk mengetahui apakah bayi kami sehat atau ada kelainan. Tidak bisa dibohongi kalau kami berdua sangat sedih apalagi membaca efek toksoplama pada bayi, mulai dari kelainan organ tubuh sampai kematian. Tapi kami pasrah apapun yang di berikan Allah pasti itu yang terbaik dan kami akan menerimanya. Mulai dari situ Istri saya sangat menjaga makanannya dan teratur minum obat. Supaya kondisi badannya tidak lemah dan terhindar dari sakit, istri saya banyak makan dan mengkosumsi madu. Madu sangat manjur untuk penyembuhan tokso.

Terus terang untuk menyakinkan bayi kami baik-baik saja, kami sudah konsultasi ke 6 dokter di antaranya rs. menteng, rs. hermina, rs. mayapada, rs. HGA untuk bahan pertimbangan. Jawaban yang sama di berikan yaitu bayinya normal tp maaf kami tidak bisa memastikan untuk fungsi organnya, ketika usg 4D pun dokternya berkata sama. 



Untuk USG 4d kami disarankan oleh teman ke dr liu di daerah latu menten grogol, dokternya teliti dan biayanya tidak terlalu mahal karena beliau praktek di tempat sendiri selain praktek di rs. Setelah mencari-cari dokter yang bagus, pada umur kehamilan 6 bulan akhirnya kami menemukan dokter ahli fetomaternal di RS. Bunda Menteng yaitu DR. Noroyono. 

Sebenarnya ada 2 dokter fetomatermal yang sangat ahli dan sangat senior yaitu dr. Bambang karsono di rs ypk mandiri dan dr noroyono di rs bunda menteng. Kedua dokter ini praktek juga di klinik fetomaternal jl. Kimia. Antrian untuk kedua dokter ini lumayan lama, seperti dr bambang bisa antri sekitar 4 bulan. Sedangkan dr noroyono bisa dalam hitungan minggu, alternatif untuk menghindari antrian untuk periksa ke dokter ini kita bisa atur scedule di klinik fetomaternal tetapi kita harus ready sewaktu-waktu dokter bisa praktek, kita langsung datang. Beberapa referensi dokter fetomaternal ada disini.

DAFTAR DOKTER FETOMATERNAL

Ketika konsultasi dengan dr noroyono kami dapat giliran jam setengah 12 malam, beliau hanya melihat sekilas hasil lab dan bilang ayo kita lihat langsung aj di usg, mungkin itu usg terlama bagi kami lebih dari setengah jam beliau memeriksa, beliau sangat teliti melihat semua organnya dan alhmdulillah beliau bilang semua organ normal, cairan otak pun normal. Beliau mengganti obat 2 obat awal menjadi hanya 1 obat yaitu Azithromycin dan hanya di minum 1 bulan. Dan mengenai biaya dokter tidak semahal yang kami kira, biayanya hampir sama dengan biaya pemeriksaan spog pada umumnya.


Dengan pertimbangan dokter kami akhirnya kami memutuskan untuk Caesar dan alhmdulillah bayi kami lahir dengan berat 3 kg dan panjang 50 cm dan sehat normal. Sekarang bayi kami berumur 10 bulan berat 10 kg. Dokter sebelum proses persalinan bilang agar setelah anak kami lahir segera lakukan cek lab torch dan cek up seluruh fungsi badan, akhirnya setelah anak kami lahir kami lakukan dan alhamdullilah hasilnya negatif dan fungsi tubuh normal. 


Saran dari saya periksalah sedini mungkin terhadap virus tokso, lebih baik lagi periksa sebelum hamil. Karena mengobati tokso sebelum hamil jauh lebih baik dan ibu hamill sangat dihindari untuk mengkosumsi obat-obat kimia dan sangat dianjurkan obat-obat herbal.
 

INTERPRESTASI HASIL LABORATORIUM
  1. Bila IgG dan IgM yang positif menunjukkan adanya infeksi primer. Hal ini perlu pengobatan dan evaluasi, baik pada ibu maupun bayinya.
  2. Bila IgM positif sedangkan IgG negatif berarti menunjukkan adanya infeksi baru.
  3. Bila Ig G positif dan Ig M negatif berarti menunjukkan telah terinfeksi lebih dari setahun yang lalu. Saat ini mungkin telah mengembangkan kekebalan terhadap parasit itu sehingga tidak perlu khawatir untuk hamil
 Untuk lebih lengkapnya untuk membaca hasil pemeriksaan toksoplasma bisa baca di 
Cara membaca Hasill Pemeriksaan Toksoplasma


DAMPAK TOKSOPLASMOSIS
  1. Mengalami keguguran
  2. Mengalami kelahiran dini
  3. Mengalami gangguan penglihatan hingga kebutaan
  4. Mengalami gangguan pendengaran
  5. Mengalami gangguan sistemik seperti pucat, demam, pembesaran hati dan limpa atau pendarahan.
  6. Mengalami gangguan pada syaraf dapat mengakibatkan keterlambatan dalam perkembangan mental dan bicaranya.
  7. Mengalami Encephalus (tidak memiliki tulang tengkorak )
  8. Mengalami Hydrocephalus (pembesaran kepala) 

PENGOBATAN
Pengobatan dini yang tepat saat awal kehamilan akan menurunkan secara signifikan kemungkinan janin terinfeksi toksoplasma. Obat-obat yang sering diberikan pada toxoplasmosis antara lain adalah:

1. Kombinasi Sulfadiazine dengan Pyrimethamine.
Kedua obat dapat menembus sawar otak. Pyrimethamine dan sulfadiazine dapat menghambat sintesa asam folat yang diperlukan untuk replikasi parasit. Kombinasi kedua obat dapat secara efektif membunuh parasit dan dapat menyembuhkan sampai 80% penderita. Kelemahan dari kedua obat tersebut adalah kemungkinan terjadinya efek teratogenik (berbahaya bagi janin) sehingga tidak diberikan pada wanita hamil

2. Spiramisin
Merupakan antibiotika golongan makrolid yang aman diberikan pada wanita hamil sehingga obat ini dapat direkomendasikan untuk diberikan pada wanita hamil dengan toxoplasmosis.Obat-obat lain yang dapat dipakai pada toxoplasmosis adalah : Clindamycin, Azithromycin, Clarithromycin yang dilaporkan efektif untuk pencegahan reaktivasi.

3. Obat-obat imunostimulan
 Tujuan pemberian obat-obat imunostimulan adalah untuk menstimulasi komponen sistim imun yang telah diketahui bersifat protektif terhadap organisme patogen yang menginfeksi.

4.  Azithromycin
Tujuan pemberian obat Azithromycin adalah untuk menghentikan perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut. Obat ini dapat dikonsumsi mereka yang alergi terhadap penisilin.



Semua kejadian sudah ditentukan oleh Tuhan YME, 
Manusia hanya bisa berusaha, tetapi Tuhan lah yang menentukan, berdoalah. 


SEMOGA BERMANFAAT

48 comments:

  1. Thanks sharenya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Subhanallah Bapak...
    Saya barusan sempet STRES + DOWN..
    Minggu depan nikah, hasil tes Toxo saya : IGG 314,52
    IGM (alhamdulillah) negatif..
    #tapi ya tetep was2, makanya langsung cari tau di internet
    Setelah baca pengalaman Bapak, alhamdulillah setidaknya hati ini "lebih legowo" dan ga suudzhan sama Allah :'(
    Saya harus ingat bahwa segala sesuatu Allah yg menentukan, berarti tinggal saya & calon suami yg HARUS SIAP dg segala kemungkinan penyakit ini.
    Semoga nanti anak saya lahir dg fungsi organ normal seperti anak bapak..Amin..

    Terimakasih..
    Salam saya untuk Ibu & adik, semoga kelg bapak sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya Allah, sama2 mba nila semoga lancar pernikahannya dan smga segera di anugrahi anak yang soleh dan sehat.

      Delete
  3. Assalamualaikum mas mba..trima kasih sharenya bisa buat sy sedikit lega..karna sy jg positif toxo dan skrg usia kandungan sy 31minggu.
    Jujur syg stres mas mba,sy msh konsumsi spiramisin dan madu,slama ini tiap cek up kondisi janin alhamdulillah sehat2..tp msh aja kepikiran 😢
    Gmn kabar anak mas mba skrg?
    Klo untuk cek toxo pd bayi lahir nanti itu di lab ya mas mba? Usia brp ya? Mohon infonya ya mas dan mba..trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Maaf br dibalas, Mba usahakan selalu berpikiran positif ya, karena jika pikiran kita postif hasil yg kita dapat insyallah positif juga, yakin aj janinnya sehat. Alhamdullilah anak sy sehat sekali sdh umur 3 tahun skrng. iya nanti di lab RS/R bersalin tempat mba lahir. sy dl cek tokso anak usia 1 hari

      Delete
    3. Mbak ernita...sekarang gmna bayinya...sya juga ada rokso dikehamilan 12 minggu

      Delete
  4. Assalamualaikum, pak saya juga menderita toxo dan sdh terapi 3 bulan tapi blm ada perubahan titernya tetap. Saya galau sekali sempt keguguran, istri bapk terapi dri usia kndungan 6 bulan sampai lahir y pak ? Ohy punya alamat forum toxo yg d mksd ? Saya ingin baca2 utk menguatkan mental ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Sabar ya bu mudah-mudahan cepat diberi kesehatan, istri saya terapi dr usia kandungan 4 bulan sampai waktu kelahiran, ini forumnya bu
      http://forum.femaledaily.com/showthread.php?3021-Toksoplasma
      http://ibuhamil.com/diskusi-umum/

      Klo bisa ibu konsultasikan ke dokter fetomaternal. karena beliau-beliau yg lebih paham tindakan apa yg perlu dilakukan. Dulu ketika istri sudah terapi 4 lalu cek lab tokso lg, hasilnya jg tidak berubah banyak dari hasil lab yg awal, tapi hasil pemeriksaan USG dokter fetomaternal yg menentukan janinnya sehat bu

      Delete
  5. Assalamualaikum, pak saya juga menderita toxo dan sdh terapi 3 bulan tapi blm ada perubahan titernya tetap. Saya galau sekali sempt keguguran, istri bapk terapi dri usia kndungan 6 bulan sampai lahir y pak ? Ohy punya alamat forum toxo yg d mksd ? Saya ingin baca2 utk menguatkan mental ....

    ReplyDelete
  6. Selamat siang pak..., saya senang membaca blog bapak terkait toxoplasma.
    Saya juga menderita toxoplasma dengan nilai indeks IGM terakhir 0.99

    Yang ingin saya tanyakan adalah, istri bapak terakhir indeks IGM nya berapa? dana dikasih obat apa saja?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. besaran IgG positif > 1000 dan IgM > 500, di dokter kandungan pertama dikasih obat Spiramisin dan Sulfadiazine, lalu ketika konsultasi ke dokter fetomaternal di ganti hanya 1 obat Azithromycin pak

      Delete
  7. Assalmualaikum mas, alhamdulillah sekali saya bs nemu blog ini. Kondisi saya skrg dengan istri anda kurang lebih sama, mas. Sejauh ini, dokter bilang janin dlm kondisi bagus saat di USG, tetapi saya masih khawatir. Untuk memastikan fungsi organ janin hrus dilakukan setelah melahirkan ya, mas? Sebenarnya, ada beberapa hal jg yg ingin saya tanyakan, bolehkan saya add FB/path/whatsapp? Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  8. Dear Bapak Yudi..
    Saya sedang hamil 2bulan dan belum pernah cek lab untuk Toksoplasma. saya sangat khawatir karena saya pelihara kucing sudah 3tahun. walau kucing saya adalah kucing rumahan, makanan nya khusus kucing dan rutin vaksin tapi saya tetap merasa khawatir. Dan dokter saya pun tidak menyuruh untuk test lab. saat di usg umur janin dan Rahim pun berbeda. janin nya telat 1minggu dari usia Rahim nya. maka dari itu saya ingin melakukan test lab untuk toksoplasma. semoga hasil test nya negative amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab tokso sebenarmya bkn dr bawaan kucing tp dr virus kotoran2 kucing, jika memang pemeliharaannya bersih ibu tdk perlu khawatir. benar bu lebih baik ibu cek tokso agar lebih pasti kondisi toksonya, mudah2an ibu dan janin ibu sehat selalu Amin...

      Delete
    2. Bagi yg tidak memelihara kucing, juga bisa saja terkena infeksi tokso, yaitu dari makanan seperti daging2 yg belum matang (steak, sate), maka dari itu yang senang makan steak setengah matang perlu dicek Torch juga utk memstikannya

      Delete
  9. salam kenal pak yudi... saya saat ini sedang hamil 18 minggu, dan juga masih positif toxo IgM sejak sebelum kehamilan ini. sebelumnya saya sempat keguguran diusia kandungan 9 minggu. sampai sekarang saya masih terapi dg spiramycin, dan perkembangan janin tampak baik dan normal.
    setelah membaca pengalaman bapak, membuat saya lebih tenang dalam menjalani kehamilan ini. semoga kehamilan saya kali ini berjalan lancar dan sehat. terima kasih untuk sharenya.

    ReplyDelete
  10. Pak Yudi, terima kasih banyak untuk pencerahannya. Saya juga terkena igm + dan igg+. Kalo saya boleh tau jenis madu yang diminum apa saja ya? Dan untuk kontrol ke dr. Noroyono apakah hanya 1 kali atau sampai melahirkan? Saat ini saya menggunakan spog lain di Bunda Menteng jg . terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. istri saya minum madu pramuka bu, kebetulan hanya sekali saat kehamilan 8 bulan krna baru dapat rekomendasi dari teman

      Delete
  11. Dear bpak yudi .... Saya abiz melahirkan normal pak tpi bayi sya cacat , kata dokter positif toxso ,,,, sya disuruh cek lab sebelum hamil lagy ,,,, sya mau program hamil lagy tpi kyak trauma pak ,,, sya tkut ,,,, kasihan nanti anak sya kalau sya belum bner" tebebas dri virus toxso ,,, pak yudi tolong kasih saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya turut sedih dengan kesehatan bayi ibu, sy sependapat dengan dokter ibu, segera cek lab tokso dl, alangkah baiknya sebelum hamil agar toksonya sudah di batas aman, jadi ketika nanti ibu program hamil lg tdk perlu khawatir lg.

      Delete
    2. Apakah selama kehamilan ibu sudah tau kalau ada toksonya ? Dan apa sudah diobati?

      Delete
  12. Pak, hasil tes saya toxo dri 300 sekarang sudah menjadi 169 tapi kata dokter kok sudah boleh hamil, paa benar sudah boleh,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma berbagi saja..
      Saya terkena toxo 156 dan saya keguguran 2x...
      Batas ambang aman hamil lagi harus 1,3...saya sekarang masih pengobatan sebelum program lagi

      Delete
    2. memang benar batas ambang aman harus 1.3, dokter ibu mungkin punya pertimbangan lain karena memperbolehkan tetapi alangkah baiknya di konsultasikan ke dokter fetomaternal

      Delete
  13. Assalamualaikum pak. Mau tanya, sebelum melakukan tes toxo apa istri bapak menunjukan gejala tertentu selama hamil?? Soalnya istri bapak kan pelihara kucingnya sudah lama sekali. Setau saya jika sudah lewat 6 bulan setelah terkena toxo maka tubuh otomatis sudah kebal terhadap toxo dan tidak akan menular ke janin.kecuali istri bapak terkena toxonya pada saat hamil atau kurang dari 6 bulan sebelum hamil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam. istri sy tidak ada gejalan apa2 bu, iya memang benar istri sy pelihara kucing 10 tahun lalu, tetapi ketika di cek avidity tokso hasilnya masih low jadi terinfeksi lagi kemungkinan ketika saat hamil, tes avidity tokso yang menentukannya

      Delete
  14. Sharing lagi,

    Setelah 4 tahun anak pertama, Alhamdulillah istri saya hamil anak kedua. Dulu memang pengobatan tokso istri saya belum tuntas, terhenti saat anak pertama kami lahir, hal itu karena istri sy tipe orang yang tidak mau minum obat2an tp demi saat hamil anak pertama dia mau minum obat untuk mengobati toksonya, dulu terapi dari bulan ke 4 sampai kelahiran.

    Saat kehamilan anak ke 2, saat bulan ke 2 sy cek IGG"135 dan IGM"1.88 dan tenyata dua2nya masih positif, yang menjadi perhatian di IGM yang seharusnya <0.55. Saya sempat takut kejadian tokso anak pertama terulang lagi. Akhirnya 2 minggu kemudian kami atas rujukan dokter kami cek tokso Avidity, Alhamdulillah hasilnya "High" >0.3 yang berarti infeksi bukan dari infeksi baru. Semoga babynya sehat seperti anak pertama. Amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...pak...sekarang bmna kondisinya ? Apa sudah lahiran?

      Delete
  15. assalamualaikum pak yudi
    mau nanya ,istri bpk positif tokso saat sedang hamil,itu terinfeksi lagi saat sedang hamil atau tokso lama yg kambuh lagi,mengingat istri bpk prnah cek tokso avidity dan hasilnya low.mohon jawabannya pak ,trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Ketika hamil anak pertama sy cek waktu hamil 4 bln, itu infeksi baru ketika hamil Bu krna hasil cek avidity low, anak kedua positif tokso tp avidity high berarti infeksi yg lama

      Delete
  16. Selamat malam pak, saya mau cerita sdikit, saat ini saya sedang hamil 5bln, dan positif tau terkena tokso saat hamil 4 bln. Saat ini saya hanya diberi terapi spiramicin, tetapi saya lihat ditulisan bapak kalo istri dulu dikasih beberapa macam obat. Boleh tolong penjelasannya beserta lama penggunaan obat dan namanya. Trimakasih banyak sblumnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy tidak tau kenapa obatnya diganti sama dr fetomaterbal, tp mungkin yg Azithromycin obat patennya krn harganya jauh lebih mahal

      Delete
  17. Saat awal waktu 4 bln dikasih obat Spiramisin dan Sulfadiazine, lalu ketika Konsul ke dokter fetomaternal waktu 7/8 bln diganti 2 obat itu dengan Azithromycin, minum sampai waktu kelahiran

    ReplyDelete
  18. AssalamualAikum.
    Pak say mau tany. .
    Skr say sdang hamil 6 bulan. Anak pertma saya cacat pa tdak ada tulang kpla nya. .Lalu meninggal. Dan kta dokter sy ada virus toxo.. Tpi skr ssya hamil lagi. .sya ttakut bayi saya lahir cac lagI.. Ap solusi nya pak? Apa kah bsa d cegah dlm usia khamilan sya skr 6 bulann. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Langkah awal Silahkan di cek lab tokso dl Bu, apakah bayinya terinfeksi atau tidak

      Delete
  19. Assalamu'alaikum pak Yudi. Terimaksih sekali sdh sharing pengalaman kehamilan istri dengan tokso. Saat ini saya hamil 3,5 bln dan dari kontrol kehamilan 5w ketahuan saya ada tokso dengan Igm dan igg positiv. Saya diberi spiramicyn oleh dokter kandungan pertama tempat saya priksa. Saya diminta minum hingga 2 mgu dan cek lab lagi. Stlh 2 mgu saya cek lab tokso saya msh positif hanya turun sedikit titernya. Kmd saya pindah priksa ke dokter kandungan yg kedua dengan membawa hasil lab tsb. Dokter kandungan ke dua memberikan resep spiramicyn juga tp beliau blg harus diminum sampai 3 bln ke depan. Sampai saat ini saya rutin minum spiramicyn dan madu tiap pagi. Pak yudi mohon info istri anda dulu aturan minum madunya berapa kali sehari ? Saya minum tiap pagi 2 sendok saja. Mohon sarannya..dan terimakasih banyak atas bantuanya.

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum mas yudi.
    Trimakasih banyak utk info nya.
    Dan komen2 disini sangat memberi saya motivasi dan informasi..

    Saya baru menikah 3 bulan,di bln ke 2 saya di vonis terkena toxo setelah saya tes darah dan berdampak pada mata kiri saya yg sangat rabun dan perih..

    Selama 2bln trahir ini saya sdh hampir sembuh, tp scr tau saya makan yg trnyata yg blm matang dgn sempurna. Dan akhir nya bbrp hari kmudian saya demam dan kambuh lagi mata yg makin memburuk..

    Seelama berbulan2 ini saya hanya priksa ke RS khusus mata SMEC ,diberikan antibiotik antiradang dan tetes mata. Apakah jalan yg saya ambil benar??
    Apa sbaiknya saya hrs ke dr. Mata da n ke dr.pnyakit dalam utk hasil yg lbh baik???

    Mohon komen nya utk siapa saja yg ada masukan. Trimakasih smg kita selalu di beri kesehatan oleh Allah swt. Aamiin yra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mhn maaf Bu, ttng impact terhadap mata ibu sy kurang paham, mungkin bs lngsng di konsultasikan ke dokter ahlinya. Tks

      Delete
  21. Pak yudi makasih banyak ya sharingnya...menumbuhkan harapan batu semoga yg mengidap tokso akan lahir sehat dan normal aamin

    ReplyDelete
  22. Maaf saya mau tanyak pak buk,sya sdh 2x keguguran,dan saya skrg hamil lgi 13 minggu,bisa gak kita berobat kalo misalnya positif toxo selama hamil? Dan kita" dana nya brpa yah atau obat beda lgi biayanya atau udh itu smua. Terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Bu, pengobatan Tokso bs dilakukan sebelum dan saat kehamilan jika memang positif tokso, biaya relatif bu, untuk obat tidak terlalu mahal seperti Spiramisin. tks

      Delete
  23. Makasih mas ini blog sudah lama tapi sangat bermanfaat. Saat ini saya hamil masuk 9 minggu dengan IgM tokso positif 1.12. Blog mas sangat menguatkan mental saya dan memberikan keyakinan bahwa janin akan baik baik saja. Saya sekarang sedang konsumsi obat2an dokter dari obgyn saya. Bismillah, prasangka baik dengan Allah SWT.

    ReplyDelete

Translate

IKLAN

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Pola Asuh Anak Ibu Yang Bekerja

🌺Pola Asuh Anak yang Ibunya Bekerja🌺 Oleh: Ibu Elly Risman, Psi Februari 2016 💟Yang hilang dari ibu bekerja adalah: 1.      ...