power sharing

INFO

Monday, January 18, 2016

Cara Membaca Hasil Pemeriksaan Toksoplasma

Pemeriksaan Toksoplasma dapat dilakukan sebelum kehamilan atau setelah kehamilan, tetapi alangkah baiknya dilakukan sebelum kehamilan. Karena jika memang seorang ibu yang akan melakukan program kehamilan terdiagnosa terkena tokso maka akan dilakukan terapi terlebih untuk mengobatinya. 

Mengobati tokso seorang ibu sebelum hamil sangatlah bijak, karena kita ketahui bersama ketika masa kehamilan sangatlah dihindari untuk mengkosumsi obat-obatan yang ditakutkan bisa mengganggu perkembangan bayi yang ada di kandungan.

Pemeriksaan TORCH adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi infeksi TORCH, yang disebabkan oleh parasit TOxoplasma, virus Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan virus Herpes.



Ada beberapa istilah yang harus kita pahami sebelum kita membaca hasil pemeriksaan Toksoplasma antara lain :

  • IgM dan IgG Toksoplasma

IgM adalah antibodi yang pertama kali meningkat di darah bila terjadi infeksi Toxoplasma.
IgG adalah antibodi yang muncul setelah IgM dan biasanya  akan menetap seumur hidup pada orang yang terinfeksi atau pernah terinfeksi.


  •   IgG avidity Toksoplasma

Adalah kekuatan ikatan antara antibodi IgG dengan organisme penyebab infeksi. Jika IgG dan IgM positif diperlukan pemeriksaan IgG avidity untuk memperkirakan kapan infeksi terjadi, apakah sebelum atau pada saat hamil. Infeksi yang terjadi sebelum kehamilan tidak perlu dirisaukan. Jika pada trimester 1 atau infeksi primer maka sangatlah berbahaya.


 
INTERPRESTASI HASIL LABORATORIUM
  1. Bila IgG dan IgM yang positif (+ : +) menunjukkan adanya infeksi primer. Hal ini perlu pengobatan dan evaluasi, baik pada ibu maupun bayinya.
  2. Bila IgG negatif sedangkan IgM positif (- : +)  berarti menunjukkan adanya infeksi baru.
  3. Bila Ig G positif dan Ig M negatif (+ : -) berarti menunjukkan telah terinfeksi lebih dari setahun yang lalu. Saat ini mungkin telah mengembangkan kekebalan terhadap parasit itu sehingga tidak perlu khawatir untuk hamil

Pengetahuan dasar :
 
Hal dasar yang perlu di perhatian dalam hasil lab Toksoplasma adalah ketika IgG dan IgM keduanya positif dan Bila IgG negatif sedangkan IgM positif karena terindikasi adanya infeksi baru. Jika memang pada tes awal keduanya positif, lakukanlah pengulangan cek Lab Toksoplasma untuk menyakinkan apakah hasilnya sama atau berbeda. 

Ketika memang tes keduanya menyatakan IgG dan IgM keduanya positif, lakukanlah tes IgG Avidity untuk mengetahui kapan terjadinya infeksi, apakah sebelum atau setelah kehamilan.

Jika hasil IgG Avidity menyatakan infeksinya baru setelah kehamilan, ikutilah terapi pengobatan yang disarankan oleh dokter, baik terapi obat atau terapi lainnya yang dianjurkan dokter.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

IKLAN

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Pola Asuh Anak Ibu Yang Bekerja

🌺Pola Asuh Anak yang Ibunya Bekerja🌺 Oleh: Ibu Elly Risman, Psi Februari 2016 💟Yang hilang dari ibu bekerja adalah: 1.      ...