power sharing

INFO

Tuesday, February 16, 2016

OBAT DEMAM BERDARAH ALAMI

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi orang dewasa apalagi anak-anak. Demam berdarah atau DBD disebabkan oleh  virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Virus ini menyebabkan gangguan pada pembuluh darah sehingga jika tidak cepat diobati dapat menyebabkan kematian.




Gejala demam berdarah sulit untuk dideteksi karena hampir mirip dengan penyakit-penyakit lainnya, hal ini lah yang banyak menyebabkan kematian karena terlambatnya pengobatan. Untuk mengetahui pasti terkena DBD atau tidak adalah dengan cek darah di laboratorium. 

Beberapa gejala demam berdarah akan kita bahas disini :

  • Timbul bintik-bintik merah pada bagian tubuh tangan atau kaki, terutama ketika dicek melalui metode uji tournique. Uji tournique merupakan pemeriksaan bidang hematologi  dengan melakukan pembendungan pada bagian lengan atas selama 10 menit, jika terdapat bintik-bintik merah berarti menunjukkan hasil positif (+), lebih lanjut periksa darah dilaboratorium.
  • Demam tinggi selama + 7 hari, panas dapat mencapai 40 - 41 derajat celcius.
  • Sakit atau nyeri kepala, badan menggigil, bola mata nyeri ketika digerakan, nyeri pada bagian punggung
  • Tekanan darah turun tiba-tiba
  • Mimisan pada hidung dan gusi
  • Nyeri sendi yang sangat pada bagian-bagian badan

Hal yang perlu kita perhatikan dengan seksama adalah pencegahan DBD, yaitu dengan cara mencegah penyebaran nyamuk Aedes Aegypti. pengetahuan dasar yang harus kita ketahui tentang nyamuk yakni nyamuk ini bertelur pada genangan air yang jernih bukan air yang kotor atau bersentuhan langsung dengan tanah dan hanya nyamuk betina yang menularkan virus.  Waktu aktif menggigit nyamuk ini adalah siang hari jam 09 - 10.am dan sore hari 04 - 05.pm

Beberapa pencegahan yang bisa kita lakukan antara lain :

  • Kegiatan 3M: Menguras, Menutup, dan Mengubur
  • Memasang kawat nyamuk di ventilasi udara
  • Membersihkan secara continue wadah-wadah air (tempayan, ember, bak mandi)
  • Membersihkan selokan di rumah dan disekitar rumah
  • Menghindari adanya gantungan pakaian karena nyamuk ini suka bersembunyi di gantungan pakaian.
  • Pengasapan fogging menggunakan malathion dan fenthion, koordinasikan dengan lingkungan sekitar agar wilayah pengasapan bisa efektif.
Jika memang terindikasi terkena DBD segeralah bawa penderita ke dokter untuk pengobatan lebih intensif. Untuk mempercepat penyembuhan DBD ada beberapa bahan alami efektig yang bisa kita gunakan.

1. Jambu BIji Merah
    Kandungan tanin pada jambu biji merah dapat menghambat aktifitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue.



2. Air kelapa Muda



3. Daun Jambu Biji
   Caranya mudah dengan cara merebus beberapa helai daun jambu biji dan meminus air rebusannya. Manfaat daun jambu biji dapat membasmi virus dan menambah suplai cairan pada tubuh. Dan dapat juga dengan menggunakan ekstrak kering daun Jambu biji.





4. Meniran 
   
   Meniran dapt berfungsi sebagai antivirus, mengandung senyawa asam fenoleat, tanin, triterpenoid dan flavonoid.
 


SEMOGA BERMANFAAT

   





0 komentar:

Post a Comment

Translate

IKLAN

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Pola Asuh Anak Ibu Yang Bekerja

🌺Pola Asuh Anak yang Ibunya Bekerja🌺 Oleh: Ibu Elly Risman, Psi Februari 2016 💟Yang hilang dari ibu bekerja adalah: 1.      ...