power sharing

INFO

Thursday, January 28, 2016

Manfaat Pohon Jarak



Pohon Jarak sangat marak dibicarakan pada beberapa dekade lalu terkait dengan Biodiesel dan energi alternatif, tanaman yang berasal dari daerah tropis Amerika Tengah dapat digunakan sebagai alternatif bahan bakar alami dari tumbuhan untuk pengganti bahan bakar solar. Sebelum masyarakat mengetahui manfaat lain pohon jarak tanaman ini banyak dijumpai sebagai pagar pekarangan.

Berikut adalah beberapa ciri pohon jarak pagar :
·         Family Euphorbiceae
·         Tanaman perdu, tinggi 1 – 7 m, bercabang tidak teratur
·         Batang kayu slindris, bila terluka mengeluarkan getah
·         Daun lebar, dengan panjang 5 – 15 cm
·         Bunga berwarna kuning kehujauan, berupa bunga menjemuk berbentuk malai, berumah satu
  • Umur tanaman dapat mencapai 20 tahun lebih





Pohon jarak dapat juga menjadi obat alami untuk beberapa penyakit :


Obat alami sakit gigi yang kita sering kita gunakan dan selalu tersedia di rumah adalah campuran air dan garam. Lalu pengobatan dengan cara kumur-kumur air garam sampai nyeri di sekitar gigi berkurang. Ternyata ada obat alami sakit gigi yang berasal dari getah tumbuhan yaitu getah daun jarak. Caranya cukup mudah petiklah daun jarak beserta batang daunnya, lalu di pangkal batang daun setelah kita petik akan keluar getah putih, tempelkan pada gigi yang sakit atau pada sariawan yang ada di sekitar mulut. Guna dari getah daun jarak ini adalah untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada gigi yang disebabkan karena gusi yang meradang dan juga mengobati syaraf gigi.

Begitu juga dengan Sariawan, yang biasanya menyerang pada bibir, dapat diobati dengan daun Jarak. Cara pengobatannya pun sama, yaitu dengan mengambil getah pada tanaman Jarak, kemudian dioleskan pada bagian bibir yang mengalami sariawan. Jika tidak segera diatasi, sariawan dapat membuat bibir semakin terluka, hingga suasana makan dan minum dapat terganggu.

Perut kembung akibat masuk angin, tentunya sangat mengganggu bukan? Meskipun saat masuk angin dapat menyebabkan perut kembung adalah hal biasa, tentunya hal itu membuat tidak nyaman. Teruntuk anak kecil yang mengalami masuk angin dan perut kembung pula, dapat diobati dengan tanaman Jarak. Caranya ialah dengan mengambil daun Jarak, cuci hingga bersih lalu panaskan hingga tampak layu. Setelah itu oleskan minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak telon, lalu tempel kan pada bagian punggung. Tunggu dan biarkan daun Jarak bekerja secara maksimal, hingga terjadi pembuangan zat maupun gas yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Mengobati rematik
Bagi yang memiliki banyak aktifitas yang banyak hingga lupa berolah raga, pasti rematik dapat kapan saja menyerang anda. Dan tentunya, rematik tidak dapat sembuh dengan cepat begitu saja. Hal itu dapat anda selesaikan dengan tanaman Jarak, yaitu dengan mengambil daun yang paling tua dan terlihat segar tidak layu. Cuci hingga bersih, kemudian ditumbuk hingga halus, bisa dicampurkan dengan air, tapi sedikit saja. Setelah itu dapat anda oleskan pada bagian yang rematik.

Mengobati luka
Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman Jarak ini, yang bisa pula digunakan untuk mengatasi luka. Tentunya luka fisik karena terjatuh ataupun lecet, bukan sakit karena jatuh cinta. Dapat anda oleskan getah dari tanaman Jarak, pada kulit yang terluka. Meskipun terasa sedikit perih, tapi khasiatnya begitu ajaib. Getah tanaman jarak membantu proses penutupan luka dan juga proses penyembuhan nya. Sehingga luka dapat terobati dengan cepat.

Merawat rambut
Bagi anda yang mengalami kerusakan pada rambut, dapat diatasi dengan tanaman Jarak. Seperti menghilangkan ketombe dan menyehatkan kulit kepala. Menjadikan kulit kepala sebagai lahan yang subur untuk rambut dalam tumbuh dan berkembang. Yaitu dengan biji tanaman Jarak, caranya tumbuk beberapa biji tanaman Jarak, kemudian usapkan pada kulit kepala dan juga merata pada rambut. Diamkan beberapa menit, setelah itu dapat berkeramas dengan shampoo yang biasa anda pakai.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

IKLAN

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Pola Asuh Anak Ibu Yang Bekerja

🌺Pola Asuh Anak yang Ibunya Bekerja🌺 Oleh: Ibu Elly Risman, Psi Februari 2016 💟Yang hilang dari ibu bekerja adalah: 1.      ...