power sharing

INFO

Thursday, January 28, 2016

Obat Alami Batuk Pilek Anak


Kondisi anak sakit adalah keadaan yang sangat tidak menyenangkan oleh semua para orang tua. Efek paralel yang di alami adalah anak tidak mau makan atau minum susu. Para orang tua pasti akan mengalami hal ini, dan mulai mempelajari obat obatan yang akan menjadi solusi untuk mengobatinya.  


Banyak orang tua yang mungkin karena belum pengalaman mengobati anak yang sakit langsung membawa ke dokter sebagai solusinya. Ingat jangan terburu-buru memberi obat dokter apalagi obat antibiotik karena akan membuat tubuh anak anda lama kelamaan akan kebal dengan obat tersebut.


Satu hal dasar yang harus kita ingat sebagai orang tua bahwa setiap tubuh manusia termasuk anak anak mempunya antibodi sendiri untuk mengobati penyakit yang menyerang tubuhnya, sistim imun tubuh akan otomatis menanggapi setiap penyakit yang masuk salah satunya cirinya adalah demam. Demam mencirikan bahwa sistem imun tubuh sedang melawan penyakit yang menyerang.


Beruntunglah orang tua yang sedikit banyak tahu obat alami yang bisa digunakan sebagai penyembuh sakit anaknya, tradisi obat ini biasanya di wariskan turun menurun oleh keluarga. Sakit batuk pilek atau yang familiar kita dengan dengan BAPIL pada anak memang wajar terjadi dikarena suhu udara yang cepat berubah misal musim penghujan atau karena lingkungan sekitar yang sedang kurang sehat sehingga menulari. 



BAPIL sangat mengganggu apalagi yang terserang anak-anak berumur kurang dari setahun, karena kosumsi obat dokter pada umur ini sangat dihindari maka alternatifnya adalah dengan memberinya obat alami yagn berasal dari tumbuhan maupun rempah-rempah.

Berikut ini adalah obat batuk pilek alami yang bisa diberikan pada anak saat tekena BAPIL:


1. MADU dan JERUK NIPIS


    Campuran madu dan jeruk nipis sangat manjur untuk mengobati batuk pilek, karena madu memiliki kandungan banyak vitamin antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3. Jeruk nipis memberikan khasiat melancarkan pembengkakan tengorokan. Campurkan 1 sendok makan madu dengan setengah buah jeruk nipis (lebih baik lagi dengan jeruk lemon) campurkan hingga merata berikan 2 - 3 kali sehari.  
"Ingat anak-anak dibawah 1 tahun (bayi) tidak boleh dulu mengkosumsi madu, karena madu mengandung spora dimana anak-anak umur dibawah 1 tahun sistem ginjalnya belum mampu mencerna dengan baik."


2. DAUN SAGA


      Anda mungkin sering melihat tumbuhan merambat ini di sekitar tembok rumah, yang dicirikan dengan buah kecil yang berwarna merah hitam. Daun saya salah satu obat paling manjur untuk mengatasi batuk pada anak. Caranya dengan menghaluskan beberapa helain daun saga lalu campurkan dengan sedikit air, lalu saring campuran daun saga dan air setelah itu minumkan 3 kali sehari.


3. BUAH PALA

       Salah satu rempah ini merupakan obat pilek yang sangat baik, apalagi untuk anak umur kurang dari 1 tahun. Caranya dengan menumbuk atau menghaluskan buah pala lalu beri air sedikit saja, lalu balurkan pada ubun-ubun anak atau pada kening. Buah pala menghasilkan dapat menghasilkan panas dan aroma hangat yang dapt mengobati pilek.



4. REBUSAN KAYU PUTIH DAN MINYAK TELON


       Ini adalah terapi aromatheraphy yang sudah banyak digunakan oaleh para orang tua untuk mengobati penyakit batuk pilek pada anak. Caranya cukup mudah, air panas dicampukan dengan beberapa helai kayu manis dan di berikan beberapa ml minyak telon. Taruh campuran racikan tadi di dekat anak bisa di samping tempat tidur, agar aroma uap terhirup oleh anak.





0 komentar:

Post a Comment

Translate

IKLAN

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Pola Asuh Anak Ibu Yang Bekerja

🌺Pola Asuh Anak yang Ibunya Bekerja🌺 Oleh: Ibu Elly Risman, Psi Februari 2016 💟Yang hilang dari ibu bekerja adalah: 1.      ...