power sharing

INFO

Thursday, January 28, 2016

Obat Alami Daun Sirih



Sirih merupakah salah satu tanaman merambat yang memiliki banyak manfaat dan menanamnya pun cukup mudah. Tanaman ini sudah dipergunakan oleh para tetua-tetua kita nenek kakek kita dari jaman dahulu. Mungkin yang paling kita ingat adalah kata "nyirih" yang sering dilakukan oleh para nenek, yang bermanfaat untuk menguatkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Caranya cukup mudah hanya dengan mencampurkan beberapa bahan seperti daun sirih, kapulaga, kapur sirih, gambir dan pinang, semua bahan tersebut digulung lalu digosokan ke gigi dan gusi



Tanaman sirih terdiri dari 2 macam yaitu sirih hijau dan sirih merah, keduanya memiliki manfaat yang berbeda. Selain untuk obat, tanaman sirih juga sangat bagus jika digunakan untuk tanaman hias dipekarangan rumah dengan merambatkan di dinding tembok atau dengan merambatkan dengan menggunakan ayaman bambu. Selain untuk obat kesehatan gigi dan tanaman hias, daun sirih memiliki manfaat lain untuk pengobatan alami. Manfaat daun sirih Hijau  :


Obat Sakit Mata Alami

    Kandungan yang ada didalam daun sirih dapat mengatasi iritasi atau gangguan pada mata seperti mata merah, mata bengkak, sakit mata dengan mengelurkan kotoran mata berlebih dan lain-lain. Caranya sangat mudah :

1. Bersihkan atau cuci beberapa helai daun sirih lalu rendam dengan air panas, 
2. Tunggu sampai beberapa jam sampai air berubah warna menjadi kehijauan, 
3. Saring air campuran tersebut, tunggu air sampai dingin lalu 
4.Teteskan langsung pada mata atau rendam langsung mata pada campuran air seperti kita 
    menggunakan boorwater.

    Ketika air daun sirih terkena mata efeknya memang sangat perih tetapi khasiatnya memang sangat baik untuk pengobatan mata yang sakit atau hanya untuk membersihkan mata.


Obat Asma Alami

    Asma dapat disebabkan karena faktor keturunan atau pun karena faktor daya tahan tubuh. Penyebab asma kambuh antara lain karena faktor cuaca ektrim, udara yang lembab atau udara yang sangat dingin. Daun sirih dapat dijadikan obat alami alternatif untuk penyembuhannya. Caranya sebagai berikut :

1. Ambil beberapa lembar daun sirih lalu bersihkan
2. Panaskan 3 - 4 gelas air di panci kecil, lalu masukan daun sirih
3. Tunggu sampai kandungan daun tercampur di rebusan air, terlihat dari warna airnya
4. Saring air rebusan tadi, lalu minum 2-3 kali sehari


Manfaat daun sirih Hijau lainnya sebagai berikut :

- Menghilangkan bau mulut
- Melancarkan haid
- Sariawan dan radang gusi
- Menghilangkan bau bdan
- Mengobati keputihan

Untuk Manfaat daun sirih Merah sebagai berikut :

- Mengobati Diabetes
- Mengobati keputihan
- Menghilangkan bau badan


Tersedianya tanaman obat alami seperti daun sirih di pekarangan rumah kita sangat bermanfaat untuk dijadikan obat alami atau pun untuk menjadi penghias pekarangan.

0 komentar:

Post a Comment

Translate

IKLAN

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Pola Asuh Anak Ibu Yang Bekerja

🌺Pola Asuh Anak yang Ibunya Bekerja🌺 Oleh: Ibu Elly Risman, Psi Februari 2016 💟Yang hilang dari ibu bekerja adalah: 1.      ...